Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi GLB dan GLBB

Yuli, Yuli (2023) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan media liveworksheet pada materi GLB dan GLBB; (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan menggunakan model problem based learning berbantuan media liveworksheet dan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Jampang Tengah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling probability sampling dengan jenis sampling cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan media liveworksheet memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,7% dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,9%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test menunjukkan nilai t_hitung (1,995)>t_tabel (1,083) dapat dikatakan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media liveworksheet pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada kelas kontrol pada materi GLB dan GLBB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Liveworksheet: Problem based learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yuli Yuli
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:12
Last Modified: 21 Nov 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81530

Actions (login required)

View Item View Item