Yuli, Yuli (2023) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi GLB dan GLBB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan media liveworksheet pada materi GLB dan GLBB; (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan menggunakan model problem based learning berbantuan media liveworksheet dan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Jampang Tengah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling probability sampling dengan jenis sampling cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan media liveworksheet memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,7% dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,9%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test menunjukkan nilai t_hitung (1,995)>t_tabel (1,083) dapat dikatakan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media liveworksheet pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada kelas kontrol pada materi GLB dan GLBB.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Liveworksheet: Problem based learning |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yuli Yuli |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:12 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81530 |
Actions (login required)
View Item |