Penerapan model Team-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi

Nur Ibrahim, Farghenian (2023) Penerapan model Team-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik ini disebabkan karena kurang adanya dorongan serta perhatian dari pendidik, guru kurang maksimal untuk melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas Keterampilan berpikir kreatif peserta didik dapat dilatih dengan diberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, serta penerapan model pembelajran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model Team-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas X IPA 2 di MAN 2 Kota Sukabumi pada materi Usaha dan Energi. 2) Untuk Mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran Team-Based Learning (TBL) di kelas X IPA 2 MAN 2 Kota Sukabumi pada materi Usaha dan Energi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 MAN 2 Kota Sukabumi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Keterlaksaan aktivitas guru dalam tiga pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran Team-Based Learning (TBL) mendapatkan skor rata-rata sebesar 75% termasuk dalam kategori baik dan keterlaksanaan aktivitas peserta didik mendapatkan skor rata-rata sebesar 74% termasuk dalam kategori baik. eterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Team-Based Learning (TBL) mengalami peningkatan mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,69 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran team-based learning (TBL); Keterampilan berpikir kreatif; usaha dan energi
Subjects: Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farghenian Farghenian Nur Ibrahim Farghen
Date Deposited: 22 Nov 2023 10:16
Last Modified: 22 Nov 2023 10:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82506

Actions (login required)

View Item View Item