Pengaruh keterampilan komunikasi dan relasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School Kabupaten Bandung Barat

Yulistiawati, Lilis (2023) Pengaruh keterampilan komunikasi dan relasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover tesis.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Para Guru di SMP NASA Islamic Boarding School sudah mengajar dengan menggunakan berbagai macam metode pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Namun sebagian besar prestasi belajar peserta didik di SMP NASA pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik masih kurang. Nilai ulangan akhir semester pelajaran PAI dan Budi Pekerti 50% masih di bawah rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1). Pengaruh keterampilan komunikasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School. 2). Pengaruh relasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School. 3). Pengaruh keterampilan komunikasi dan relasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School. 4). Besar pengaruh keterampilan komunikasi guru dan relasi guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School. Penelitian ini berlandaskan pada sebuah pemikiran bahwa keterampilan komunikasi dan relasi guru dengan peserta didik memberikan pengaruh kepada prestasi belajar peserta didik. Komunikasi dan relasi yang baik antar guru dan peserta didik akan membentuk hubungan dan suasana yang kondusif di dalam kelas dan dalam pembelajaran. Suasana yang kondusif baik di kelas ataupun dalam proses pembelajaran akan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan mengolah data dari sumber angket dan nilai untuk prestasi belajar aspek kognitif. Metode penelitian lapangan atau penelitian retrospektif yang meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian menelusuri faktor-faktor yang mungkin menyebabkan peristiwa tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP NASA Islamic Boarding school kelas VII, VII dan kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1). Nilai t hitung 6.935 lebih besar t tabel yaitu1,661, artinya secara parsial atau sendiri-sendiri, terdapat pengaruh keterampilan komunikasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School. 2). Nilai t hitung 4.441 lebih besar dari nilai t tabel 1,661 artinya secara parsial atau sendiri-sendiri terdapat pengaruh relasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP NASA Islamic Boarding School. 3). Nilai significace F 0,000 < 0,05 artinya secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan komunikasi dan relasi guru PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar di SMP NASA Islamic Boarding School. 4). Besaran pengaruh keterampilan komunikasi dan relasi guru PAI dan Budi Pekerti di SMP NASA Islamic Boarding School sangat kuat yaitu sekitar 90%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan komunikasi dan relasi; guru; PAI dan Budi Pekerti; prestasi belajar
Subjects: Education > Miscellany of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: lilis yulistiawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:32
Last Modified: 06 Feb 2024 00:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84693

Actions (login required)

View Item View Item