Perbandingan penerapan model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke

Asmiati, Asmiati (2023) Perbandingan penerapan model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membandingkan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran ECIRR di kelas XI IPA 7 SMA Negeri Jatinangor dan model pembelajaran discovery learning di kelas XI IPA 3 SMA Negeri Jatinangor pada materi elastisitas dan Hukum Hooke. Keterlaksanaan pembelajaran diukur menggunakan lembar observasi. Sedangkan peningkatan penguasaan konsep diukur menggunakan skor N-Gain. Metode yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimental dengan rancangan Pre-Posttest Non-Equivalent Multiple Group Design. Sampel penelitian setiap kelas terdiri dari 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR mencapai 83% dengan kategori “efektif”, sedangkan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning mencapai 78% dengan kategori “efektif”. Sementara peningkatan penguasaan konsep dengan model pembelajaran ECIRR mencapai skor N-Gain 0,80 (tinggi) dan model pembelajaran discovery learning sebesar 0,72 (tinggi). Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whiteney dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan penguasaan konsep antara model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ECIRR; Discovery learning; Elastisitas dan Hukum Hooke; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Asmiati Asmiati Asmiati
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:50
Last Modified: 06 Feb 2024 00:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84712

Actions (login required)

View Item View Item