Asmiati, Asmiati (2023) Perbandingan penerapan model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk membandingkan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran ECIRR di kelas XI IPA 7 SMA Negeri Jatinangor dan model pembelajaran discovery learning di kelas XI IPA 3 SMA Negeri Jatinangor pada materi elastisitas dan Hukum Hooke. Keterlaksanaan pembelajaran diukur menggunakan lembar observasi. Sedangkan peningkatan penguasaan konsep diukur menggunakan skor N-Gain. Metode yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimental dengan rancangan Pre-Posttest Non-Equivalent Multiple Group Design. Sampel penelitian setiap kelas terdiri dari 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR mencapai 83% dengan kategori “efektif”, sedangkan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning mencapai 78% dengan kategori “efektif”. Sementara peningkatan penguasaan konsep dengan model pembelajaran ECIRR mencapai skor N-Gain 0,80 (tinggi) dan model pembelajaran discovery learning sebesar 0,72 (tinggi). Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whiteney dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan penguasaan konsep antara model pembelajaran ECIRR dan model pembelajaran discovery learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ECIRR; Discovery learning; Elastisitas dan Hukum Hooke; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Asmiati Asmiati Asmiati |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 00:50 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 00:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84712 |
Actions (login required)
View Item |