Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle untuk neningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VB : Penelitian tindakan kelas di kelas VB Mi Matla’ul Atfal

Idris, Nuraini (2024) Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle untuk neningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VB : Penelitian tindakan kelas di kelas VB Mi Matla’ul Atfal. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-Cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah tantangan dalam proses pembelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas VB, terutama terkait rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang belum memenuhi nilai KKM. Beberapa siswa terlihat kurang fokus pada guru selama pembelajaran, ditunjukkan oleh kecenderungan mereka untuk melamun, bermain, dan berbicara di kelas, yang akhirnya menghambat pemahaman mereka terhadap materi atau tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini mencakup: 1) Untuk megetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sebelum diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan media puzzle di kelas VB MIS Matla’ul Atfal. 2) Untuk mengetahui penerapan model TGT berbantuan media puzzle pada pembelajaran tematik di setiap siklusnya. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di akhir siklus di kelas VB di MIS Matla’ul Atfal Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 25 siswa kelas IVB MI Matla’ul Atfal. Hasil penelitian menunjukkan temuan kunci, termasuk skor rendah pada pra-siklus dengan tingkat ketuntasan klasikal hanya mencapai 8%. Penerapan model Team Games Tournament dengan media pembelajaran puzzle berhasil meningkatkan aktivitas siswa dari 64.5% menjadi 80% ("Sangat Aktif") selama dua siklus. Meskipun aktivitas guru mengalami penurunan, tetap dinilai sebagai "Sangat Baik". Hasil belajar siswa mengalami peningkatan signifikan, dengan nilai rata-rata meningkat dari 71 pada siklus I menjadi 73 pada siklus II, dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 84%. Sebagian besar siswa berhasil mencapai atau melampaui KKM sekolah yang ditetapkan, yaitu 70. Dengan demikian, penerapan model Team Games Tournament dengan media puzzle pada pembelajaran tematik berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model tgt berbantuan media puzzle; hasil belajar; pembelajaran tematik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuraini Idris
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:41
Last Modified: 01 Mar 2024 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85181

Actions (login required)

View Item View Item