Idris, Nuraini (2024) Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Puzzle untuk neningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VB : Penelitian tindakan kelas di kelas VB Mi Matla’ul Atfal. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-Cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejumlah tantangan dalam proses pembelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas VB, terutama terkait rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang belum memenuhi nilai KKM. Beberapa siswa terlihat kurang fokus pada guru selama pembelajaran, ditunjukkan oleh kecenderungan mereka untuk melamun, bermain, dan berbicara di kelas, yang akhirnya menghambat pemahaman mereka terhadap materi atau tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini mencakup: 1) Untuk megetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sebelum diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan media puzzle di kelas VB MIS Matla’ul Atfal. 2) Untuk mengetahui penerapan model TGT berbantuan media puzzle pada pembelajaran tematik di setiap siklusnya. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di akhir siklus di kelas VB di MIS Matla’ul Atfal Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 25 siswa kelas IVB MI Matla’ul Atfal. Hasil penelitian menunjukkan temuan kunci, termasuk skor rendah pada pra-siklus dengan tingkat ketuntasan klasikal hanya mencapai 8%. Penerapan model Team Games Tournament dengan media pembelajaran puzzle berhasil meningkatkan aktivitas siswa dari 64.5% menjadi 80% ("Sangat Aktif") selama dua siklus. Meskipun aktivitas guru mengalami penurunan, tetap dinilai sebagai "Sangat Baik". Hasil belajar siswa mengalami peningkatan signifikan, dengan nilai rata-rata meningkat dari 71 pada siklus I menjadi 73 pada siklus II, dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 84%. Sebagian besar siswa berhasil mencapai atau melampaui KKM sekolah yang ditetapkan, yaitu 70. Dengan demikian, penerapan model Team Games Tournament dengan media puzzle pada pembelajaran tematik berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model tgt berbantuan media puzzle; hasil belajar; pembelajaran tematik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nuraini Idris |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 02:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85181 |
Actions (login required)
View Item |