Pembelajaran dengan model Situation Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa: Penelitian di SMP Al Kenzie Bandung

Putra, Azhar Naufal (2023) Pembelajaran dengan model Situation Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa: Penelitian di SMP Al Kenzie Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika karena merupakan sarana sekaligus target dari pembelajaran matematika disekolah. Oleh sebab itu pembelajaran melalui Model Situation Based Learning(SBL) menjadi alternatif agar siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya dari pengalaman saat memecahkan masalah yang dibuatnya sendiri melalui setiap proses pada SBL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran SBL. Metode penelitian yang dipilih adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain yakni The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan populasi sebanyak 4 kelas dengan sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen tes memiliki validitas dan reliabilitas sangat tinggi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran SBL maupun pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dengan interpretasi tinggi. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan SBL lebih baik secara signifikan dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Respon siswa terhadap model pembelajaran SBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa mendapatkan respon yang baik dengan persentase respon dalam kategori baik dan mendapat respon positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Situation Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Azhar Naufal Putra
Date Deposited: 08 Mar 2024 00:36
Last Modified: 08 Mar 2024 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85490

Actions (login required)

View Item View Item