Putra, Azhar Naufal (2023) Pembelajaran dengan model Situation Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa: Penelitian di SMP Al Kenzie Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika karena merupakan sarana sekaligus target dari pembelajaran matematika disekolah. Oleh sebab itu pembelajaran melalui Model Situation Based Learning(SBL) menjadi alternatif agar siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya dari pengalaman saat memecahkan masalah yang dibuatnya sendiri melalui setiap proses pada SBL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran SBL. Metode penelitian yang dipilih adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain yakni The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan populasi sebanyak 4 kelas dengan sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen tes memiliki validitas dan reliabilitas sangat tinggi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran SBL maupun pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dengan interpretasi tinggi. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan SBL lebih baik secara signifikan dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Respon siswa terhadap model pembelajaran SBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa mendapatkan respon yang baik dengan persentase respon dalam kategori baik dan mendapat respon positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Situation Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Azhar Naufal Putra |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 00:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 00:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85490 |
Actions (login required)
View Item |