Arraafi, Muhamad Ihsan (2024) Analisis strategi penghimpunan zakat, infaq, Sedekah Melalui Digital Crowdfunding di LAZIMU Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ Cover.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
Abstract
Potensi zakat, infaq, sedekah di Jawa Barat pada periode 2018-2023, mencapai angka Rp. 30 triliun, namun realisasi pengumpulan pada tahun tertentu masih tergolong rendah. Pada tahun 2023, target zakat, infaq, dan sedekah di Jawa Barat mencapai Rp. 3,7 triliun, naik dari realisasi tahun sebelumnya sebesar Rp. 2,5 triliun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi penghimpunan melalui media Crowdfunding yang dilakukan LAZISMU Jawa Barat, kendala dalam pengimplementasian serta dampak dari strategi penghimpunan zakat, infaq, sedekah melalui Crowdfunding. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode yang dipakai yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang dipakai ialah dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data memakai teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan memakai bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Strategi penghimpunan zakat, infaq, sedekah melalui digital Crowdfunding LAZISMU Jawa Barat memakai strategi internal dan eksternal. 1) Strategi platform internal ialah platform yang dimiliki oleh LAZISMU Jawa Barat agar bisa memaksimalkan penghimpunan memakai media digital. 2) Selain itu, agar campaign bisa menyebar lebih luas dan banyak LAZISMU Jawa barat aktif berkolaborasi dengan lembaga lain atau eksternal seperti Kitabisa, Zakatin, Bigamal, Amalsholeh, Sharinghappines. Setelah di publikasikan dilanjukan pada tahap optimalisasi agar target yang akan dicapai terpenuhi, seperti maintenance donatur, optimalisasi melalui media sosial internal, membangun pasukan affiliate marketing dan menambahkan strategi SEO serta ads. Adapun untuk kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sumber daya manusia, proses yang membutuhkan waktu persetujuan lembaga serta adanya pemotongan biaya oleh lembaga yang berkolaborasi. Dampak digital Crowdfunding yang di implementasikan oleh LAZISMU Jawa Barat yaitu memberikan sumbangsih 0,91% penambahan dari penghimpunan tahun sebelumnya dan memberikan kemudahan bagi yang ingin menunaikan berzakat, berinfak dan bersedekah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crowdfunding; Penghimpunan; Zakat; Infaq; Sedekah |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Financial Economics, Finance General Management > Marketing, Management of Distribution |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhamad Ihsan Arrafi |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:21 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88016 |
Actions (login required)
View Item |