Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran daring menggunakan media grup Whatsapp hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Bandung

Fauzan, Muhammad Ajrul (2022) Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran daring menggunakan media grup Whatsapp hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran daring menggunakan media grup whatsapp mendapat tangapan yang cukup positif dari siswa. Namun disisi lain hasil belajar kognitif sebagian siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak masih rendah. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini tersendiri yaitu untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa dalam proses pembelajaran daring menggunakan media grup Whatsapp. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.. (3) Hubungan antara tanggapan siswa dalam proses pembelajaran daring menggunakan media grup Whatsapp terhadap hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran daring menggunakan grup Whatsapp. Berdasarkan hal tersebut, diajukan hipotesis yaitu semakin baik tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring digrup Whatsapp maka akan semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka dan sebaliknya. Dugaan sementara terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran daring menggunakan grup Whatsapp dengan hasil belajar kognitif siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, studi dokumen, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh teknik analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa (1) Tanggapan siswa terhadap terhadap proses pembelajaran daring menggunakan grup Whatsapp berkategori cukup, rata-rata skor akhirnya sebesar 3,13. Angka tersebut termasuk pada interval [2,60 – 3,39]. (2) Hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Akidah Akhlak berkategori sangat baik dengan skor rata-rata yaitu 81,87 berada pada interval [80 – 100]. (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran daring menggunakan grup Whatsapp (X) dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak (Y) berdasarkan perhitungan, analisis koefisien korelasinya sebesar 0,360 berkategori rendah yang berada pada interval [0,200 – 0,399]. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung sebesar 8,152 lebih besar daripada Ttabel 2,048. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Nilai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat memperolah nilai sebesar 27,5% dan 72,5% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: whatsapp; tanggapan; kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Communications Telemunications > Wireless Communications
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ajrul Fauzan
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:27
Last Modified: 20 Jun 2024 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88718

Actions (login required)

View Item View Item