Astrini, Levya Dewi (2024) Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran fisika adalah keterampilan proses sains. Penelitian ini memaparkan tentang pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang cahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains peserta didik, dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE dan pada tahap implementasi produk menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPA MA Ar-Rosyidiyah yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan karena memperoleh nilai validitas sebesar 1,00 dengan interpretasi sangat tinggi yang diuji menggunakan teknik Gregory, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% yang diinterpretasikan sangat baik, peningkatan keterampilan proses sains peserta didik menghasilkan nilai n-gain 0.70 dengan interpretasi tinggi. Uji normalitas menghasilkan data pretest 0.477>0.05 sehingga data berdistribusi normal, data posttest 0.039<0.05 sehingga data tidak berdistribusi normal. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan 0.000<0.05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains. Respon peserta didik terhadap modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing adalah 83% dengan interpetasi sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; gelombang cahaya |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Levya Dewi Astrini |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90600 |
Actions (login required)
View Item |