Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang cahaya

Astrini, Levya Dewi (2024) Pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran fisika adalah keterampilan proses sains. Penelitian ini memaparkan tentang pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang cahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains peserta didik, dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE dan pada tahap implementasi produk menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPA MA Ar-Rosyidiyah yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan karena memperoleh nilai validitas sebesar 1,00 dengan interpretasi sangat tinggi yang diuji menggunakan teknik Gregory, keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 90% yang diinterpretasikan sangat baik, peningkatan keterampilan proses sains peserta didik menghasilkan nilai n-gain 0.70 dengan interpretasi tinggi. Uji normalitas menghasilkan data pretest 0.477>0.05 sehingga data berdistribusi normal, data posttest 0.039<0.05 sehingga data tidak berdistribusi normal. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan 0.000<0.05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains. Respon peserta didik terhadap modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing adalah 83% dengan interpetasi sangat menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; gelombang cahaya
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Levya Dewi Astrini
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:32
Last Modified: 09 Jul 2024 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90600

Actions (login required)

View Item View Item