Maulana, Ahmad Fawzy (2024) Pengaruh metode UMMI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa di MI ATTAQWA 05 Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
Abstract
Skripsi, Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2024. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil kemampuan membaca Al-Quran siswa. Alternatif pembelajaran terhadapat rendahnya kemampuan membaca Al-Quran siswa adalah dengan menerapkan metode UMMI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Quran Hadist menggunakan metode UMMI dan metode Iqra Populasi tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penilitian ini adalah peserta didik kelas VA 15 siswa dan kelas VB 15 siswa. Hasil belajar penelitian ini merupakan hasil kemampuan membaca Al-Quran metode UMMI adalah salah satu alternatif untuk memudahkan siswa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan tes berupa membaca Al-Quran. Instrument tes dalam penelitian ini dianalisis dengan menerapkan expert jugement. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan model penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain Grub Kontrol Non-Ekuivalen. Hasil dari independent t-test menunjukkan bahwa nilai t = 11,959 dan nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Quran Hadist menggunakan metode UMMI dan metode Iqra Nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol adalah sebesar 0,28 dengan kriteria rendah. Sedangkan kelas eksperimen adalah sebesar 0,36 dengan kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Kemampuan; Membaca Al-Quran; Al-Quran Hadist; UMMI; Siswa |
Subjects: | Islam Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ahmad Fawzy Maulana |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:58 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92702 |
Actions (login required)
View Item |