Pengaruh metode UMMI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa di MI ATTAQWA 05 Kabupaten Bekasi

Maulana, Ahmad Fawzy (2024) Pengaruh metode UMMI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa di MI ATTAQWA 05 Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Skripsi, Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2024. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil kemampuan membaca Al-Quran siswa. Alternatif pembelajaran terhadapat rendahnya kemampuan membaca Al-Quran siswa adalah dengan menerapkan metode UMMI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Quran Hadist menggunakan metode UMMI dan metode Iqra Populasi tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penilitian ini adalah peserta didik kelas VA 15 siswa dan kelas VB 15 siswa. Hasil belajar penelitian ini merupakan hasil kemampuan membaca Al-Quran metode UMMI adalah salah satu alternatif untuk memudahkan siswa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan tes berupa membaca Al-Quran. Instrument tes dalam penelitian ini dianalisis dengan menerapkan expert jugement. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan model penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain Grub Kontrol Non-Ekuivalen. Hasil dari independent t-test menunjukkan bahwa nilai t = 11,959 dan nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V pada mata pelajaran Al-Quran Hadist menggunakan metode UMMI dan metode Iqra Nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol adalah sebesar 0,28 dengan kriteria rendah. Sedangkan kelas eksperimen adalah sebesar 0,36 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Kemampuan; Membaca Al-Quran; Al-Quran Hadist; UMMI; Siswa
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Fawzy Maulana
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:58
Last Modified: 21 Aug 2024 08:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92702

Actions (login required)

View Item View Item