Pengaruh kepemimpinan visioner dan kompensasi terhadap motivasi berprestasi serta kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kota Metro Lampung

Supriani, Yuli (2024) Pengaruh kepemimpinan visioner dan kompensasi terhadap motivasi berprestasi serta kinerja dosen pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kota Metro Lampung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kinerja dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kota Metro, Lampung, dengan indikator minimnya publikasi ilmiah, kurangnya minat dalam kegiatan pengabdian masyarakat, dan kekurangan komitmen terhadap penelitian. Permasalahan tersebut mencakup kendala kepemimpinan visioner yang kurang efektif, sistem kompensasi yang tidak memadai, dan motivasi berprestasi dosen yang tidak selaras dengan tugas pokoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner dan kompensasi, terhadap kinerja dosen dengan motivasi berprestasi sebagai variable intervening pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Di Kota Metro Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur dan menggunakan metode survey. Sampel penelitian sebanyak 78 dosen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling . Istrumen untuk mengumpulkan data dengan menggunakan google form. Analisis data menggunakan analisis jalur. Reliabilitas data menggunakan koefisien Cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, kepemimpinan visioner berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi. Kedua, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi. Ketiga, kepemimpinan visioner berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Keempat, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Kelima, motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Keenam, kepemimpinan visioner positif dan signifikan terhadap kinerja dosen melalui motivasi berprestasi. Ketujuh, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen melalui motivasi berprestasi. Penelitian ini disimpulkan bahwa kepemimpinan visoner dan kompensasi mempengaruhi motivasi berprestasi yang berdampak pada peningkatan kinerja dosen. Semakin visioner kepemimpinan dijalankan dan semakin adil dan memadai kompensasi yang diberikan maka semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi yang dimiliki akibatnya kinerja dosen juga meningkat.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Visioner; Kompensasi; Motivasi Berprestasi; Kinerja Dosen;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Higher Education, Universities
Higher Education, Universities > Higher Education in Specific Localities
General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Supriani Yuli
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:49
Last Modified: 29 Jul 2024 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92764

Actions (login required)

View Item View Item