Setiawan, Mohammad Fajar (2024) Algoritma Big Tech dalam menjadikan nostalgia sebagai komoditas perspektif Grafton Tanner pada buku The Circle Of The Snake. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
Abstract
Nostalgia merupakan emosi yang hadir karena manusia merasa kehilangan kendali atas realitas sehingga mereka harus menderita dan merasakan nostalgia. Nostalgia ini juga seolah-olah hadir secara natural. Namun, nostalgia diperparah oleh para pemilik modal khususnya para pemilik modal di dunia teknologi digital. Big tech telah memaksa masyarakat untuk senantiasa larut dalam nostalgia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengkomodifikasian Big tech terhadap nostalgia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode yang digunakannya adalah studi pustaka (library research). Untuk menganalisi data penelitian kali ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari peneltian ini adalah bahwa nostalgia ini merupakan kerinduan yang hadir karena kehilangan kendali atas realitas hari ini sehingga seseorang akan merindukan masa lalu yang dianggap lebih stabil dan lebih baik. Nostalgia ini tidak hanya emosi belaka melainkan telah menjadi semangat zaman. Kemudian nostalgia ini dijadikan alat atau senjata oleh para pemilik modal khususnya Big tech untuk memperoleh keuntungan, mereka dengan nostalgia ini berusaha menarik perhatian pengguna lebih banyak, agar mereka dapat melakukan ekstraksi data dan mengeksploitasi pengguna lebih banyak, dengan kata lain nostalgia ini telah dipersenjatai salah satunya dengan retrobait.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma; Nostalgia; Big tech |
Subjects: | Theory of Philosophy Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat |
Depositing User: | Mohammad Fajar Setiawan |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 04:08 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94223 |
Actions (login required)
View Item |