Algoritma Big Tech dalam menjadikan nostalgia sebagai komoditas perspektif Grafton Tanner pada buku The Circle Of The Snake

Setiawan, Mohammad Fajar (2024) Algoritma Big Tech dalam menjadikan nostalgia sebagai komoditas perspektif Grafton Tanner pada buku The Circle Of The Snake. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Nostalgia merupakan emosi yang hadir karena manusia merasa kehilangan kendali atas realitas sehingga mereka harus menderita dan merasakan nostalgia. Nostalgia ini juga seolah-olah hadir secara natural. Namun, nostalgia diperparah oleh para pemilik modal khususnya para pemilik modal di dunia teknologi digital. Big tech telah memaksa masyarakat untuk senantiasa larut dalam nostalgia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengkomodifikasian Big tech terhadap nostalgia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode yang digunakannya adalah studi pustaka (library research). Untuk menganalisi data penelitian kali ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari peneltian ini adalah bahwa nostalgia ini merupakan kerinduan yang hadir karena kehilangan kendali atas realitas hari ini sehingga seseorang akan merindukan masa lalu yang dianggap lebih stabil dan lebih baik. Nostalgia ini tidak hanya emosi belaka melainkan telah menjadi semangat zaman. Kemudian nostalgia ini dijadikan alat atau senjata oleh para pemilik modal khususnya Big tech untuk memperoleh keuntungan, mereka dengan nostalgia ini berusaha menarik perhatian pengguna lebih banyak, agar mereka dapat melakukan ekstraksi data dan mengeksploitasi pengguna lebih banyak, dengan kata lain nostalgia ini telah dipersenjatai salah satunya dengan retrobait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Algoritma; Nostalgia; Big tech
Subjects: Theory of Philosophy
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Mohammad Fajar Setiawan
Date Deposited: 27 Aug 2024 04:08
Last Modified: 27 Aug 2024 04:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94223

Actions (login required)

View Item View Item