Penerapan model pembelajaran Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar kogtinif peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian pada peserta didik kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Aprilianti, Fahriah (2024) Penerapan model pembelajaran Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar kogtinif peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian pada peserta didik kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Hasil Belajar Kognitif peserta didik yang masih rendah, yang disebabkan oleh penggunaan model konvensional (ceramah) yang banyak diterapkan oleh pendidik. Model ini membuat peserta didik merasa jenuh, bosan, dan mengantuk. Hal ini menunjukkan pentingnya mencari alternatif model pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran small group discussion. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui cara penerapan model pembelajaran small group discussion pada mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, (2) Mengetahui Hasil Belajar Kognitif peserta didik setelah penerapan model pembelajaran small group discussion pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran small group discussion terhadap Hasil Belajar Kognitif peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model small group discussion merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat memengaruhi Hasil Belajar Kognitif peserta didik dan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ho: penerapan model small group discussion tidak berpengaruh terhadap Hasil Belajar Kognitif peserta didik, dan Ha: penerapan model small group discussion berpengaruh terhadap Hasil Belajar Kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi eksperimen. Desain quasi eksperimen yang diterapkan adalah Pretest dan Posttest dengan Non-equivalent Control Group Design. Desain ini diterapkan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan studi dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian, (1) Penerapan model pembelajaran small group discussion melibatkan pembagian peserta didik ke dalam kelompok kecil beranggotakan 3-5 orang untuk berdiskusi, berbagi pendapat, dan memecahkan masalah bersama, sementara pendidik berperan sebagai fasilitator. (2) Hasil Belajar Kognitif peserta didik setelah menerapkan model small group discussion dilihat dari postest kelas eksperimen berkategori baik dengan rata-rata nilai 77,78, sedangkan postest kelas kontrol berkategori cukup dengan rata-rata nilai 60,80 (3) Terdapat pengaruh pada rata-rata Hasil Belajar Kognitif peserta didik sesudah menerapkan model small group discussion. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif peserta didik setelah menerapkan model small group discussion dapat dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% melalui uji independent sampel t test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,01 artinya hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Small Group Discussion; hasil belajar kofnitif; Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahriah Aprilianti
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:55
Last Modified: 29 Aug 2024 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94386

Actions (login required)

View Item View Item