Representasi elemen-elemen jurnalisme pada film Boston Strangler : Analisis semiotika CharLes Sanders Pierce dalam film Boston Strangler

Fitriani, Suci (2024) Representasi elemen-elemen jurnalisme pada film Boston Strangler : Analisis semiotika CharLes Sanders Pierce dalam film Boston Strangler. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Keberadaan film tidak hanya dijadikan sebagai media hiburan saja. Saat ini film digunakan sebagai salah satu media yang digunakan untuk menyebarkan pesan dan informasi agar dapat memengaruhi para penontonnya. Di dalam film terdapat informasi baik edukatif maupun persuasif yang bisa dijadikan pelajaran. Informasi edukatif sendiri biasanya dikemas dalam film berunsur sejarah atau berita seperti film Boston Strangler yang diangkat dari kisah nyata sekitar tahun 1960-an. Film ini dibuat dengan mengambil sudut pandang dua orang jurnalis wanita bernama Loretta McLaughlin dan Jean Cole. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu representasi elemen-elemen jurnalisme yang dikemukakan oleh Bill Kovach dan Tom Rosenstiel dalam film adaptasi kisah nyata tahun 1960-an berjudul Boston Strangler dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce, yang berlandaskan pada tiga hal, yaitu representamen, object dan interpretant. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Menurutnya, proses dari semiotika melalui tiga tahapan yang disebut dengan teori triangle meaning. Data dalam penelitian ini diperoleh dari film Boston Srangler yang terbagi ke dalam beberapa adegan sehingga mendapatkan simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 11 adegan yang merepresentasi elemen-elemen jurnalisme dalam film Boston Strangler. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setiap adegan yang dianalisis menggunakan sign, object dan interpretant mampu memperlihatkan karakter para jurnalis yang bertanggung jawab dengan profesinya serta mengikuti prinsip elemen jurnalisme yang ada. Penelitian ini juga membantu memahami setiap adegan dalam film melalui makna tersirat melalui analisis semiotika yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Film; Elemen Jurnalisme; Semiotika
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Suci Fitriani
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:42
Last Modified: 05 Sep 2024 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94593

Actions (login required)

View Item View Item