Penerapan model pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa

Istiqomah, Nurul Ilmi (2024) Penerapan model pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang didasari dari hasil studi pendahuluan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika menggunakan Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL), (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (c) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (d) Motivasi belajar peserta didik yang menggunakan PTCL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan populasi peserta didik kelas VIII sebanyak empat kelas tahun ajaran 2023/2024 pada salah satu sekolah di kota Cimahi. Instrumen yang digunakan yaitu tes PAM, tes kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria validitas tinggi dan nontes berupa lembar observasi dan skala sikap motivasi belajar. Hasil penelitian: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika berada pada kategori sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan PTCL lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, (c) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan PTCL lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM, (d) Motivasi belajar peserta didik yang mengunakan PTCL menunjukkan sifat positif dan berkategori kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL); Kemampuan Komunikasi Matematis; Motivasi Belajar
Subjects: Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Ilmi Istiqomah
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:36
Last Modified: 02 Sep 2024 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94922

Actions (login required)

View Item View Item