Istiqomah, Nurul Ilmi (2024) Penerapan model pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang didasari dari hasil studi pendahuluan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika menggunakan Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL), (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (c) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (d) Motivasi belajar peserta didik yang menggunakan PTCL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan populasi peserta didik kelas VIII sebanyak empat kelas tahun ajaran 2023/2024 pada salah satu sekolah di kota Cimahi. Instrumen yang digunakan yaitu tes PAM, tes kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria validitas tinggi dan nontes berupa lembar observasi dan skala sikap motivasi belajar. Hasil penelitian: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika berada pada kategori sangat baik, (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan PTCL lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, (c) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan PTCL lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM, (d) Motivasi belajar peserta didik yang mengunakan PTCL menunjukkan sifat positif dan berkategori kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer Tutoring Cooperative Learning (PTCL); Kemampuan Komunikasi Matematis; Motivasi Belajar |
Subjects: | Indonesia Educational Institutions, Schools and Their Activities Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Ilmi Istiqomah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94922 |
Actions (login required)
View Item |