Alawiyah, Rifa (2024) Strategi komunikasi pemasaran Public Relations produk Mochi Lampion untuk menarik minat pelanggan: Studi deskriptif kualitatif di UMKM Mochi Lampion Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan selalu menginginkan pelanggan yang menganggap produknya unggul dan banyak diminati, sehingga produk dari hasil orientasi pelanggan tersebut mampu menjadi top of mind di masyarakat. Pelanggan menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Hasilnya, setiap perusahaan akan merencanakan strategi pemasaran yang unik untuk memungkinkannya bertahan dalam persaingan yang ketat di pasar dan mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan, teknik, strategi komunikasi pemasaran melalui produk, harga, lokasi dan promosi yang dilakukan oleh Mochi Lampion Sukabumi untuk menarik minat pelanggan dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relations Produk Mochi Lampion untuk Menarik Minat Pelanggan”. Pendekatan kualitatif dipilih oleh peneliti karena akan berusaha menjelaskan atau menjabarkan secara mendalam kajian tentang metode, teknik, strategi dalam rangka melihat startegi komunikasi pemasaran yang dilakukan Mochi Lampion Sukabumi. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis deskriptif. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivistik karena dapat memahami bagaimana suatu realitas sosial tercipta dan digambarkan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa Mochi Kaswari Lampion menerapkan strategi komunikasi pemasaran Public Relations dengan pendekatan bauran pemasaran dari segi produk, harga, lokasi, dan promosi yang dilakukan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa Mochi Kaswari Lampion dengan selalu menekankan kualitas pada produk Mochi melalui divisi Quality Control dan Quality Assurance. Menetapkan harga produk berdasarkan harga pesaing dan memperhatikan segala elemen dalam pengeluaran biaya. Menetapkan Lokasi toko ritail yang strategis demi kemudahan dalam berbisnis dan menerapkan elemen tambahan sebagai tempat berbisnis seperti adanya market place untuk melayani pengiriman jarak jauh. Promosi yang dilakukan melalui Personal Selling, Direct Marketing, Digital Marketing, dan Public Relations. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian yang ditemukan adalah Mochi Lampion Sukabumi dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran perusahaannya melalui kualitas produk yang ditinggikan, penetapan harga yang tepat dengan memperhatikan elemen produk, penetapan lokasi yang strategis, dan menerapkan jenis promosi sesuai dengan preferensi pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran; Marketing Public Relations; Marketing Mix 4P; Mochi Lampion Sukabumi |
Subjects: | General Management > Marketing, Management of Distribution General Management > General Publications of Marketing |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Rifa Alawi Rifa Ipa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:55 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97173 |
Actions (login required)
View Item |