Personal branding luqman hakim melalui media sosial tiktok: Studi deskriptif kualitatif pada akun Tiktok @luqmanrv

Novitasari, Intan (2024) Personal branding luqman hakim melalui media sosial tiktok: Studi deskriptif kualitatif pada akun Tiktok @luqmanrv. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Personal branding merupakan sebuah pembentukan citra pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, kelebihan, serta kekreatifitas yang ingin ditunjukan kepada publik. Era digitalisasi yang semakin pesat, sudah banyak seseorang membangun personal branding melalui media sosial pribadinya. Tiktok merupakan aplikasi media sosial dan platform video yang populer di kalangan masyarakat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit serta membagikan video sesuai dengan keinginan pengguna. Tiktok merupakan media sosial yang digunakan oleh Luqman Hakim sebagai content creator komedian untuk membangun personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana @luqmanrv dalam membangun personal branding melalui media sosial Tiktok dengan teori yang dikemukakan oleh Rampersad yakni Aunthenthic Personal Branding diantaranya keontentikkan, integritas, konsistensi, spealisasi, wibawa, keistimewaan, relevan, visibilitas, kegigihan, kebaikan dan kinerja. Penelitian ini menerapkan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dengan data primer dan skunder melalui teknik pengumpulan data, yaitu observatori partisipatori pasif, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tahapan dalam membangun personal branding @luqmanrv terdapat tiga poin dari sebelas konsep Aunthenthic Personal branding Rampersad, antara lain: (1) keontentikkan yang dimiliki Luqman Hakim yakni memiliki karakter menghibur, peka, ceria. (2) keistimewaan yang dimiliki oleh Luqman Hakim yakni memiliki ciri khas ekspresif dan kompetitif. (3) konsistensi yang dilakukan Luqman Hakim yakni memiliki integritas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal branding; Tiktok; Luqman Hakim
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Intan Novitasari
Date Deposited: 10 Sep 2024 00:44
Last Modified: 10 Sep 2024 00:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97406

Actions (login required)

View Item View Item