Ningsih, Fitriyah Ainur (2012) Representasi wanita ideal dalam iklan: Analisis semiotika Roland Barthes terhadap iklan Pond's Flawless White ketika kata tidak lagi bermakna. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB IV)
7_ bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan televisi merupakan media komunikasi massa yang dapat menampilkan tata rupa, tata rungu, serta gerak secara bersamaan Dalam dunia periklanan dewasa ini, yang paling menonjol adalah iklan kecantikan salah satunya adalah Pond's Flawless White. Iklan Pond's selalu tampil dengan kesan cantik itu putih bersinar. Masalah yang diangkat oleh peneliti berupa analisis makna denotasi, konotasi serta bagaimana makna mitos dan ideologi citra wanita ideal yang terkandung dalam iklan kecantikan Pond's Flawless White. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terdapat dalam iklan Pond's Flawless White ketika kata tak lagi bermakna hubungannya dengan representasi citra wanita ideal. Untuk menelaah masalah di atas, peneliti mengunakan analisis semiotka Roland Barthes yang dibingkar oleh perspektif kajian media kritis. Dalam mnenganalisis data peneliti meggutakan teori semiotika dan Pcland Barthes. Yakni teori yang menganalisis pesan yang tersembunyi atau terkodekan Didalamnya diselipkan mitos yang nantinya dapat merubah mainset setiap orang yang melihatnya Analisis semiotika bisa berupa simbol seperti ekspresi wajah, gerak tangan, dan warna. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan Pond's Flawless White di televisi memang merepresentasikan citra wanita ideal yang ada di masyarakat Sementara ideologi yang ada dalam iklan ini adalah wanita cantik itu memiliki kulit putih bersinar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi; Promosi; Strategi; iklan |
Subjects: | Philosopy and Theory > Semiotics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:58 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99183 |
Actions (login required)
View Item |