Penerapan media Talking Stick untuk meningkatkan penguasaan Kosakata dan keterampilan berbicara Bahasa Arab : Penelitian di kelas VII Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang

Auliya, Afra Nada (2024) Penerapan media Talking Stick untuk meningkatkan penguasaan Kosakata dan keterampilan berbicara Bahasa Arab : Penelitian di kelas VII Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab adalah sebuah mata pelajaran bahasa asing yang sudah diajarkan di sekolah-sekolah. Beberapa orang berpendapat bahwa bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang sulit. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengucapkan kosa kata karena banyaknya kosa kata dan perubahan bentuknya, sehingga bahasa tersebut terlihat rumit dan membosankan. Hal ini terlihat dari metode pembelajaran pasif yang hanya mengharuskan siswa menghafal kosakata bahasa Arab dengan tujuan agar mereka bisa menjawab dan memahami soal dalam bahasa Arab untuk penilaian, tanpa menggunakan strategi yang mampu meningkatkan partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sebagai solusi untuk masalah ini, penerapan media Talking Stick dapat digunakan untuk membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan kosa kata, serta keterampilan berbicara siswa secara lebih efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara bahasa Arab sebelum dan setelah penerapan media Talking Stick, serta Mengetahui peningkatan penggunaan media Talking Stick untuk pengajaran dalam penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara Bahasa Arab. Dengan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik serta lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini berimplikasi pada penguasaan kosa kata bahasa Arab dan keterampilan Berbicaara siswa. Sehingga, penggunaan metode dalam pembelajaran merupakan bagian penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran dan mutu pendidikan, maka hendaknya para guru menambah pengetahuan dan teknologi sebagai penunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimental dengan desain pre-test dan post-test. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara pribadi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Talking Stick untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebelum menggunakan media, penguasaan kosakata siswa berada pada tingkat rata-rata 51, dan setelah menggunakan media, meningkat menjadi 85, menunjukkan peningkatan signifikan. Untuk keterampilan berbicara, rata-rata sebelum menggunakan media adalah 57, dan setelah penggunaan meningkat menjadi 85. Penerapan media Talking Stick menunjukkan dampak positif dengan peningkatan penguasaan kosakata sebesar 0,70 dan keterampilan berbicara sebesar 0,75, masing-masing pada tingkat "tinggi". Sebagai perbandingan, kelompok kontrol menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata sebesar 0,45 dan keterampilan berbicara sebesar 0,47, keduanya pada tingkat "sedang". Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Talking Stick dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara yang signifikan dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Media Talking Stick, Penguasaan Kosakata, Keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Talking Stick; Penguasaan Kosakata; Keterampilan berbicara
Subjects: Arabic
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: afra nada auliya
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:36
Last Modified: 24 Sep 2024 04:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99243

Actions (login required)

View Item View Item