Pengelolaan media sosial Instagram dalam menyebarkan informasi Bursa Efek : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @idx_channel Jakarta

Malik, Reva Afmaludin (2024) Pengelolaan media sosial Instagram dalam menyebarkan informasi Bursa Efek : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @idx_channel Jakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Perkembangan teknologi, cyber public relations merupakan kegiatan pengelolaan public relations yang menggunakan internet dan media sosial, kegiatan ini bertujuan untuk sebuah lembaga dapat berinteraksi dengan publiknya. Pengelolaan cyber public relations tentunya tidak terlepas dari adanya praktik kehumasan yang dilaksanakan oleh seorang public relations officer (PRO). Indonesia, yang merupakan negara berkembang, pasar modal memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan nasional.IDX Channel, yang berfungsi sebagai penyelenggara bursa efek, telah berhasil membangun kepercayaan publik dengan secara konsisten mengelola media sosial, khususnya melalui akun Instagram @idx_channel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas digital public relations melalui akun Instagram @idx_channel dalam menyampaikan informasi kepada publik melalui konsep The Circular Model of Some yang dikemukakan oleh Regina Luttrell. Model ini memiliki empat tahapan diantaranya adalah share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). The Circular Model of Some for Social Communication merupakan model yang dikemukakan oleh Regina Luttrell yang menjadi dasar dan fokus pada penelitian ini. Model tersebut menjelaskan beberapa tahapan yang terdapat dalam pengelolaan media sosial pada akun Instagram @idx_channel. Penelitian yang dilakukan ini berdasarkan paradigma konstruktivistik dengan menggunakan metode desktiptif kualitatif, utnuk mendeskripsikan secara rinci dari tujuan penelitian. Peneliti mengguankan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IDX Channel mengelola media sosial sebagai alat penyebaran informasi publik melalui empat tahapan tersebut. Pada tahap Share, pesan disampaikan kepada publik dengan tujuan membangun partisipasi, koneksi, dan kepercayaan. Tahap Optimize melibatkan penyesuaian materi dan visual konten untuk mengoptimalkan pesan yang disampaikan. Tahap Manage mencakup pemantauan media dan respons cepat untuk mengelola media sosial instagram. Terakhir, tahap Engage melibatkan audiens melalui penentuan target audiens dan kerjasama dengan pihak eksternal. ENGLISH : Technological developments, cyber public relations is a public relations management activity that uses the internet and social media, this activity aims to enable an institution to interact with its public. Cyber public relations management certainly cannot be separated from the public relations practices carried out by a public relations officer (PRO). In Indonesia, which is a developing country, the capital market has an important role in improving national prosperity. IDX Channel, which functions as the organizer of the stock exchange, has succeeded in building public trust by consistently managing social media, especially through the Instagram account @idx_channel. This research aims to determine digital public relations activities through the Instagram account @idx_channel in conveying information to the public through the concept of The Circular Model of Some proposed by Regina Luttrell. This model has four stages, including share, optimize, manage and engage. The Circular Model of Some for Social Communication is a model put forward by Regina Luttrell which is the basis and focus of this research. This model explains several stages involved in managing social media on the Instagram account @idx_channel. The research carried out was based on a constructivist paradigm using qualitative descriptive methods, to describe in detail the research objectives. Researchers used data collection techniques by conducting in-depth interviews, passive participant observation, and documentation. The research results show that IDX Channel manages social media as a tool for disseminating public information through these four stages. At the Share stage, the message is conveyed to the public with the aim of building participation, connection and trust. The Optimize stage involves adjusting the material and visual content to optimize the message conveyed. The Manage stage includes media monitoring and quick response to manage Instagram social media. Finally, the Engage stage involves the audience through determining the target audience and collaborating with external parties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Media Sosial; Informasi Publik; Instagram; Keterlibatan Audiens;
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Library and Information Sciences > General Publications
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Reva Malik Reva Afmaludin Malik
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:23
Last Modified: 27 Sep 2024 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99461

Actions (login required)

View Item View Item