Penggunaan aplikasi Thunkable pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa : Studi quasi eksperimen siswa kelas V di MI Matlaul Athfal Cilengkrang Bandung

Annisa, Dini Nur (2024) Penggunaan aplikasi Thunkable pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa : Studi quasi eksperimen siswa kelas V di MI Matlaul Athfal Cilengkrang Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover - Dini.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak - Dini.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi - Dini.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1 - Dini.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2 - Dini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 - Dini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 - Dini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5 - Dini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Dini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari lemahnya kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyyah Matlaul Athfal Cilengkrang Bandung. Hal ini menyebabkan para siswa tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan salah satu media pembelajaran, yaitu menggunakan aplikasi Thunkable, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai pemahaman kosakata bahasa Arab sebelum dan setelah menggunakan aplikasi Thunkable. Serta mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa setelah menggunakan aplikasi Thunkable. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa yang menggunakan aplikasi Thunkable dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini didasari pemikiran dan penggunaan aplikasi Thunkable dalam pengajaran kosakata sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata. Peneliti berhipotesis bahwa akan terjadi peningkatan kemampuan penguasaan kosakata siswa setelah menggunakan aplikasi Thunkable. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penyajian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group dengan membandingkan pre-test dan post-test. Data dalam penelitian ini meliputi data yang dianalisis secara logika dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik. Metode yang digunakan untuk seluruh data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas 5 terdapat peningkatan setelah menggunakan Thunkable. Hal ini juga didasarkan pada perbandingan kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peningkatan sebesar 55%, nilai ini menunjukkan tingkat yang rendah, dan pada kelas control peningkatan sebesar 34,43%, karena nilai ini menunjukkan tingkat yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Thunkable; Bahasa Arab; Mufrodat
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: dini nur annisa
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:26
Last Modified: 27 Sep 2024 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99531

Actions (login required)

View Item View Item