Annisa, Dini Nur (2024) Penggunaan aplikasi Thunkable pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa : Studi quasi eksperimen siswa kelas V di MI Matlaul Athfal Cilengkrang Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
Cover - Dini.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak - Dini.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi - Dini.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1 - Dini.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab 2 - Dini.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3 - Dini.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4 - Dini.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5 - Dini.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Dini.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari lemahnya kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyyah Matlaul Athfal Cilengkrang Bandung. Hal ini menyebabkan para siswa tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan salah satu media pembelajaran, yaitu menggunakan aplikasi Thunkable, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai pemahaman kosakata bahasa Arab sebelum dan setelah menggunakan aplikasi Thunkable. Serta mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa setelah menggunakan aplikasi Thunkable. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa yang menggunakan aplikasi Thunkable dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini didasari pemikiran dan penggunaan aplikasi Thunkable dalam pengajaran kosakata sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata. Peneliti berhipotesis bahwa akan terjadi peningkatan kemampuan penguasaan kosakata siswa setelah menggunakan aplikasi Thunkable. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penyajian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group dengan membandingkan pre-test dan post-test. Data dalam penelitian ini meliputi data yang dianalisis secara logika dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik. Metode yang digunakan untuk seluruh data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas 5 terdapat peningkatan setelah menggunakan Thunkable. Hal ini juga didasarkan pada perbandingan kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peningkatan sebesar 55%, nilai ini menunjukkan tingkat yang rendah, dan pada kelas control peningkatan sebesar 34,43%, karena nilai ini menunjukkan tingkat yang sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Thunkable; Bahasa Arab; Mufrodat |
Subjects: | Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | dini nur annisa |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99531 |
Actions (login required)
View Item |