Pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan Literasi Sains peserta didik pada materi Perubahan Lingkungan

Sulistiawan, Rama (2024) Pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan Literasi Sains peserta didik pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (783kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Literasi sains merupakan keterampilan yang penting dimiliki dalam menghadapi kehidupan di abad 21. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik. Penelitian kuasi eksperimen menggunakan non -equivalent control group design. Sampel diambil secara Purposive sampling terdiri atas 36 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 35 peserta didik pada kelas kontrol di salah satu sekolah SMA di Kabupaten Sumedang. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik mencapai kriteria sangat baik. Peningkatan literasi sains pesertda didik pada kelas eksperimen diperoleh dengan skor N-gain sebesar 0,65 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,35. Hasil uji hipotesisi menunjukan bahwa terdapat pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik dengan Sig. (0,001) < 0,05. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Socio-Scientific Inquiry Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; Socio-Scientific Inquiry Based Learning; Perubahan Lingkungan
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rama Sulistiawan
Date Deposited: 02 Oct 2024 06:54
Last Modified: 02 Oct 2024 06:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99836

Actions (login required)

View Item View Item