Sulistiawan, Rama (2024) Pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan Literasi Sains peserta didik pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (783kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
Abstract
Literasi sains merupakan keterampilan yang penting dimiliki dalam menghadapi kehidupan di abad 21. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik. Penelitian kuasi eksperimen menggunakan non -equivalent control group design. Sampel diambil secara Purposive sampling terdiri atas 36 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 35 peserta didik pada kelas kontrol di salah satu sekolah SMA di Kabupaten Sumedang. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik mencapai kriteria sangat baik. Peningkatan literasi sains pesertda didik pada kelas eksperimen diperoleh dengan skor N-gain sebesar 0,65 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,35. Hasil uji hipotesisi menunjukan bahwa terdapat pengaruh Socio-Scientific Inquiry Based Learning terhadap peningkatan literasi sains peserta didik dengan Sig. (0,001) < 0,05. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Socio-Scientific Inquiry Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains; Socio-Scientific Inquiry Based Learning; Perubahan Lingkungan |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rama Sulistiawan |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 06:54 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 06:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99836 |
Actions (login required)
View Item |