Maulana, M Rafli Raihan (2024) Semiotika foto berita pemilu 2024 dalam media daring: Analisis semiotik Roland Barthes pada foto berita kampanye akbar Capres & Cawapres pada antarafoto.com dan republika.co.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
Abstract
Foto jurnalistik adalah foto yang menyangkut hubungannya dengan berita, mengandung berita dan memungkinkan untuk disiarkan atau dipublikasikan. Namun tidak selalu dibuat oleh wartawan foto atau pekerja pers dan melulu mengenai peristiwa seperti perang, huru-hara, demonstrasi atau segala sesuatu yang menggambarkan tingkah manusia saja. Tetapi juga bisa berbagai hal yang berkaitan dengan alam, makhluk hidup (selain manusia), benda, bahan dan situasi kehidupan lain yang bersifat mengungkap suatu berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur semiotika yang terkandung dalam Foto Berita Pemilu 2024 dengan fokus penelitian pada makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos pada sejumlah objek foto di antarafoto.com dan Republika.co.id. Teori yang diadaptasi dalam penelitian ini adalah teori Semiotika dari Roland Barthes (1972). Model ini mengasumsikan analisis makna yang berasal dari tanda-tanda tentang dua unsur penting dalam tanda yakni penanda dan petanda atau signifikasi dua tahap (two order of signification). Pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menganalisis makna yang terkandung dalam sebuah foto monokromatik yang dihasilkan oleh pewarta foto,yang kemudian dirangkai menjadi sebuah berita dan dimuat di Media Daring Antarafoto.com dan Republika.co.id. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika. Semiotika memecah-mecah kandungan teks menjadi bagian-bagian, dan menghubungkan mereka dengan wacana-wacana yang lebih luas. Sebuah analisis semiotik menyediakan cara menghubungkan teks tertentu dengan sistem pesan dimana ia beroperasi. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga tingkatan makna: denotasi, konotasi, dan mitos. Pada tingkat denotasi, foto-foto menampilkan elemen visual penting seperti pakaian adat, atribut partai, dan suasana kampanye yang penuh antusiasme. Pada tingkat konotasi, foto-foto menggambarkan narasi politik, seperti persatuan, loyalitas, dan nasionalisme. Sedangkan pada tingkat mitos, foto-foto tersebut membangun citra simbolis pemimpin sebagai "pahlawan rakyat" yang didukung massa dan dekat dengan masyarakat, memperkuat citra kepemimpinan dan kekuatan politik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika Foto, Foto Berita, Pemilu 2024, Antara Foto, Republika |
Subjects: | Photography and Photographs |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Maulana Rafli Raihan Muhamad |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 00:34 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 00:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102071 |
Actions (login required)
View Item |