Analisis soal biologi pada buku IPA kelas X berdasarkan taksonomi bloom revisi anderson dan keterampilan komunikasi: Penelitian di kelas X Ipa Sma N 1 Taraju Tasikmalaya

Apriangi, Mela Yayu (2024) Analisis soal biologi pada buku IPA kelas X berdasarkan taksonomi bloom revisi anderson dan keterampilan komunikasi: Penelitian di kelas X Ipa Sma N 1 Taraju Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal-soal biologi pada buku IPA kelas X berdasarkan Taksonomi Bloom revisi Anderson dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa soal dan naskah yang terdapat dalam buku IPA kelas X. Analisis dilakukan dengan mengkategorikan soal-soal tersebut ke dalam level Lower Order Thinking Skills (LOTS) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS), serta mengidentifikasi sejauh mana soal-soal tersebut mendukung keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas soal dalam buku IPA kelas X berada pada kategori LOTS, dengan proporsi yang lebih kecil pada kategori HOTS. Selain itu, soal-soal yang mendukung pengembangan keterampilan komunikasi siswa ditemukan masih terbatas. Temuan ini mengindikasikan perlunya perbaikan dalam perancangan soal agar lebih seimbang antara LOTS dan HOTS, serta lebih berfokus pada peningkatan keterampilan komunikasi siswa sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal; LOTS; HOTS
Subjects: Biology
Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mela Yayu Apriangi
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:29
Last Modified: 30 Dec 2024 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103036

Actions (login required)

View Item View Item