Khairunnisa, Reihana Eka Febriyanthy (2024) Identifikasi miskonsepsi matematis siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar menggunakan instrumen Four - Tier Diagnostic Test. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Miskonsepsi matematis masih sering terjadi di berbagai jenjang pendidikan terutama dalam materi Bangun Ruang Sisi Datar dikarenakan terdapat konsep awalan pada materi tersebut untuk itu dilakukanlah identifikasi miskonsepsi matematis pada materi tersebut dengan bantuan instrumen diagnostik yaitu Four-Tier Diagnostic Test. Tes diagnostik Four-Tier Diagnostic Test ini berupa pilihan ganda yang terdiri dari empat tingkatan, diantaranya soal dengan pilihan jawaban, soal dengan pilihan tingkat keyakinan dalam menjawab soal, soal dengan pilihan alas an jawaban, dan soal dengan pilihan tingkat keyakinan dalam menjawab alas an. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rancabungur dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B tahun ajaran 2023/2024 dengan masing masing kelas berjumlah 30 siswa. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik yang diambil secara acak dari total kelas VIII sebanyak tiga kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengidentifikasi gambaran presentasi profil siswa yang mengalami atau teridentifikasi miskonsepsi matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar menggunakan instrumen Four-Tier Diagnostic Test. 2) untuk meneliti penyebab siswa mengalami miskonsepsi dalam mengerjakan soal materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test. Berdasarkan identifikasi dari penelitian ini didapat profil siswa yang mengalami miskonsepsi matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar yang telah diujikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi; tes diagnostik; Four-tier diagnostic test; bangun ruang sisi datar |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Mathematics > Research Methods of Mathematics Algebra Analysis, Theory of Functions > Special Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reihana Eka Febriyanthy Khairunnisa |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:12 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103362 |
Actions (login required)
View Item |