Haniyyah, Dita Ainun (2025) Pemanfaatan Instagram sebagai media alternatif dalam penyampaian berita : Studi deskriptif pada akun Instagram @Radarbandung.Id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
Surat Bebas Plagiasi - Dita Ainun Haniyyah.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (572kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat di era modern, terutama internet, telah memudahkan kehidupan manusia dan memungkinkan akses tanpa batas terhadap informasi. Internet tidak hanya mengatasi hambatan ruang dan waktu, tetapi juga memfasilitasi komunikasi yang lebih mudah melalui gadget dan media sosial. Media berbasis internet memberikan kebebasan individu untuk menjadi komunikator massa, menggantikan peran media konvensional yang semakin menurun popularitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana strategi, eksplorasi rubrikasi dan pemilihan topik serta potensi pada akun Instagram @radarbandung.id dalam memanfaatkan platform media sosial tersebut sebagai media alternatif dalam penyampaian berita terkini. Adapun Teori yang digunakan adalah teori media richness theory yang di perkenalkan oleh Ricard L. Draft dan Roberth H. Lengel. Dalam teori ini dijelaskan bagaimana sebuah media memenuhi empat kriteria indikator media yaitu kesegeraan, keragaman isyarat, variasi Bahasa dan sumber personal. Penelitian ini menunjukkan bahwa Radar Bandung memanfaatkan Instagram sebagai media alternatif dengan fitur seperti Reels, Feeds, Stories, dan IGTV untuk menyajikan informasi yang dinamis dan interaktif. Strategi ini sejalan dengan Media Richness Theory, yang menekankan efektivitas media kaya dalam menyampaikan pesan. Elemen visual dan interaktif Instagram mendukung penyampaian informasi secara menarik, meningkatkan keterlibatan audiens, dan memperkuat hubungan dengan pengikut. Konten disajikan ringkas menggunakan format 5W+1H, dengan topik relevan dan fleksibel mencakup berbagai jenis berita. Potensi Instagram bagi Radar Bandung mencakup jangkauan luas, penyebaran informasi cepat, serta peluang komersialisasi melalui iklan dan endorsement, yang memperkuat brand awareness dan loyalitas pembaca.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial; Instagram; Penyebaran Berita |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Dita Ainun Haniyyah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:12 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |