Pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbantu padlet terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi sistem pertahanan tubuh

Hamidah, Mida Nur (2025) Pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbantu padlet terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi sistem pertahanan tubuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (1202060048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Era digital dan globalisasi saat ini menimbulkan berbagai tantangan serta memerlukan pemecahan masalah. Dalam konteks ini argumentasi ilmiah menjadi kebutuhan mendesak bagi peserta didik untuk memiliki keterampilan argumentasi ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran Simas Eric (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing dan Communicating) dan yang tidak menggunakan model terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi eksperiment dengan jenis desain non-equivalent control group menerapkan dua kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan subjek penelitian 42 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 item. Hasil penelitian di kelas dengan model pembelajaran Simas Eric menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik sebesar 93,6 dengan kategori sangat baik. Data Keterampilan argumentasi ilmiah berupa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 76 dengan kategori baik dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 71 dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis maka diperoleh nilai 2,40 ≥ 2,02, dengan nilai effect size pretest 35% yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Argumentasi ilmiah; Sistem Pertahanan Tubuh; Simas Eric
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hamidah Mida
Date Deposited: 21 Jan 2025 01:16
Last Modified: 21 Jan 2025 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103639

Actions (login required)

View Item View Item