Hamidah, Mida Nur (2025) Pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbantu padlet terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi sistem pertahanan tubuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (1202060048).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Era digital dan globalisasi saat ini menimbulkan berbagai tantangan serta memerlukan pemecahan masalah. Dalam konteks ini argumentasi ilmiah menjadi kebutuhan mendesak bagi peserta didik untuk memiliki keterampilan argumentasi ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran Simas Eric (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing dan Communicating) dan yang tidak menggunakan model terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi eksperiment dengan jenis desain non-equivalent control group menerapkan dua kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan subjek penelitian 42 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 item. Hasil penelitian di kelas dengan model pembelajaran Simas Eric menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik sebesar 93,6 dengan kategori sangat baik. Data Keterampilan argumentasi ilmiah berupa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 76 dengan kategori baik dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 71 dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis maka diperoleh nilai 2,40 ≥ 2,02, dengan nilai effect size pretest 35% yang termasuk kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argumentasi ilmiah; Sistem Pertahanan Tubuh; Simas Eric |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Hamidah Mida |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:16 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103639 |
Actions (login required)
View Item |