Aelia, Mika (2025) Perbandingan model Problem Based Learning dengan project Based Learning berbantu media nearpod terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (12).pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama dalam pendidikan abad 21 yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Namun berdasarkan hasil observasi siswa masih belum memiliki keterampilan argumentasi ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbandingan keterampilan argumentasi ilmiah siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Project Based Learning berbantu nearpod pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X-K sebagai kelas eksperimen 1 dan X-J sebagai kelas eksperimen 2 dengan subjek penelitian sebanyak 68 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian berjumlah 15 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Data keterampilan argumentasi ilmiah siswa berupa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 43 dengan kategori kurang baik dan posttest 82 dengan kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2 yaitu 41 dengan kategori kurang baik dan posttest 70 dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan T_(hitung ) 6,41 > T_(tabel ) 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah siswa menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari Project Based Learning berbantu nearpod pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argumentasi ilmiah; Problem Based Learning; Project Based Learning |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Aelia Mika |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:20 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103640 |
Actions (login required)
View Item |