Al-Ma'shum, Rizscha Nurulfaza (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis Discovery Learning yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas VIII, ahli materi, dan ahli media yang terdiri dari dosen pendidikan matematika dan guru matematika. Objek penelitian ini adalah LKPD matematika berbasis Discovery Learning. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen berupa angket dan tes. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa LKPD matematika berbasis Discovery Learning sangat valid, dengan persentase validitas keseluruhan mencapai 89%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKPD berbasis Discovery Learning juga dinilai sangat praktis, dengan persentase 83% pada uji coba skala kecil dan 85% pada uji coba skala besar. Untuk uji efektivitas, LKPD berbasis Discovery Learning terbukti efektif, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 70% pada uji coba skala kecil dan sangat efektif pada uji coba skala besar dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85%. Dengan demikian, LKPD berbasis Discovery Learning ini dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Discovery Learning; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Relasi dan Fungsi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Secondary Education Secondary Education > Lower Level Secondary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rizscha Nurulfaza Al-Mashum |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:31 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103817 |
Actions (login required)
View Item |