Pembelajaran literasi halal berbasis inkuiri terbimbing menggunakan media flash card bardcode dalam konteks pendidikan IPA disekolah dasar

Navilah, Nahla (2024) Pembelajaran literasi halal berbasis inkuiri terbimbing menggunakan media flash card bardcode dalam konteks pendidikan IPA disekolah dasar. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card pada materi menjaga Kesehatan pencernaan dengan memilih makanan halal serta tayyib, menganalisis peningkatan literasi halal peserta didik setelah pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix methode dengan desain two eksplanatory sequential dan desain penelitian pre-experimental design. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 28 peserta didik kelas V SD Islam AZ-Zakiya Kota Bandung Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan literasi halal . Hasil desain pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card diawali dengan studi pendahuluan, kemudian dilakukan pembuatan media flash card bardcode, lembar observasi dan soal literasi halal pada menjaga Kesehatan pencernaan.Penerapan desain pembalajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card secara efektif dan efisien dapat meningkatkan literasi halal peserta didik secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan setelah pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card pada materi menjaga Kesehatan pencernaan terjadi peningkatan literasi halal peserta didik di mana diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bardcode, flash card; inkuiri terbimbing literasi halal; media teknologi
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Nahla Navilah
Date Deposited: 30 Jan 2025 02:13
Last Modified: 30 Jan 2025 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103840

Actions (login required)

View Item View Item