Navilah, Nahla (2024) Pembelajaran literasi halal berbasis inkuiri terbimbing menggunakan media flash card bardcode dalam konteks pendidikan IPA disekolah dasar. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card pada materi menjaga Kesehatan pencernaan dengan memilih makanan halal serta tayyib, menganalisis peningkatan literasi halal peserta didik setelah pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix methode dengan desain two eksplanatory sequential dan desain penelitian pre-experimental design. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 28 peserta didik kelas V SD Islam AZ-Zakiya Kota Bandung Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan literasi halal . Hasil desain pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card diawali dengan studi pendahuluan, kemudian dilakukan pembuatan media flash card bardcode, lembar observasi dan soal literasi halal pada menjaga Kesehatan pencernaan.Penerapan desain pembalajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card secara efektif dan efisien dapat meningkatkan literasi halal peserta didik secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan setelah pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media flash card pada materi menjaga Kesehatan pencernaan terjadi peningkatan literasi halal peserta didik di mana diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bardcode, flash card; inkuiri terbimbing literasi halal; media teknologi |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi Biology |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Nahla Navilah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103840 |
Actions (login required)
View Item |