Azmi, Rama Nurul (2023) Penerapan metode Survey,Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran TEMATIK: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Faizin Kec. Solokanjeruk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran tematik yang kurang dipahami oleh banyak siswa. Sehingga hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Oleh karena itu, sangatlah penting diterapkan metode yang mampu menjadikan pembelajaran mudah dipahami oleh peserta dididk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pemahaman pembelajaran tematik kelas IV MI Al-Faizin Kec. Solokanjeruk sebelum, setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Metode Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) saat proses belajar mengajar berlangsung. Serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa setelah diterapkannya metode Metode Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R). Metode Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) merupakan metode pembelajaran dengan tujuan peserta didik mampu memahami apa yang dibacanya atau sebuah metode pembelajaran untuk membaca efektif, dengan media pembelajaran buku bacaan atau materi yang akan diajarkan metode ini memiliki beberapa tahapan sesuai nama metodenya yaitu Survey (Telaah), Question (membuat pertanyaan), Reading (Membaca), Recite (mengutarakan kembali / mencatat hal yang penting) Review (Mengulang kembali / Menutarakan hal penting yang sudah di catat). Tentunya metode ini sangat sejalan dengan pembelajaran tematik yang memuat berbagai mata pelajaran kedalam sebuah tema. Namun metode ini haruslah digunakan untuk kelas atas atau syaratnya peserta didik harus bisa membaca. Metode penelitian yaitu menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi aktivitas guru dan siswa dan teknik dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 17 orang siswa kelas IV MI Al-Faizin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum digunakannya metode Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) hasil tes siswa menunjukan angka rata-rata nilai sebesar 37,9 dengan presentase ketuntasan klasikal 11,76%. Kemudian, setelah diterapkannya metode Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) pada siklus I dan II dengan masing-masing berjumlah empat pertemuan memberikan dampak peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat dari pra-siklus yaitu terdapat 8 (47%) siswa tuntas dalam belajar dan 9 (53%) siswa belum tuntas belajar. Selanjutnya, siklus ke II diperoleh hasil 14 (82,3%) siswa tuntas belajar dan 3 (17,7%) siswa belum tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Survey, Question; Reading; Recite; Review (SQ3R); Pemahaman Siswa; Tematik |
Subjects: | Christianity > Education, Research Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rama Nurul Azmi |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:10 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |