Balquist, Bilbina (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstark.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARAYA SENDIRI)
11_lembarpernyataankarya.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab 3 fix.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab 4 fix.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustakaa.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil beberapa penelitan yang telah dilakukan sebelumnya, hasil belajar matematika tergolong rendah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan faktor biologis dan gender siswa. Faktor eksternal berkaitan dengan strategi pembelajaran, lingkungan belajar, gaya belajar siswa dan keluarga. Hasil dari Program International for Student Assesment (PISA) 2022, terjadi peningkatan dalam hal literasi matematika. Peningkatan ditunjukan pada sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Penggunaan startegi pembelajaran berdiferensiasi adalah ciri dari kurikulum merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang menjadi wadah bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan beserta pengalaman berdasarkan preferensi siswa tersebut. Tujuan penelitian adalah melihat realitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada siswa dalam mata pelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model one group pretes – postes design. Penelitian dilakukan di MIS Ibrahim Ulul Azmi IV sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan perlakuan yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Hipotesis yang dirumuskan adalah H0; tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dan H1; terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil pengujian hipotesis dengan melakukan Uji T-Berpasangan membuktikan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi. nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.000, dengan df = 46, dan nilai ∝ = 0.05 (5%). Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0.05, yang berarti H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Peningkatan terjadi sebesar 0.35 dibuktikan lewat perhitungan N-Gain dari nilai pretes dan postes yang dilakukan. Hal ini menunjukan terdapat peningkatan setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi; Hasil belajar matematika; Peningkatan hasil belajar matematika |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Bilbina Balquist |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:40 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |