Hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi membaca pada siswa Madrasah Ibtidaiyah

Nurhajah, Yeti (2024) Hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi membaca pada siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Yeti Nurhajah.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi motivasi membaca merupakan suatu hal yang penting di tingkat Madrasah ibtidaiyah. Salah satu faktor yang memilki hubungan dengan motivasi membaca adalah gaya mengajar guru. Gaya mengajar guru di MI Muhammadiyah sudah terlihat variatif, tetapi masih adanya siswa yang malas membaca lebih memilih bermain. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru MI Muhammadiyah Rancaekek. Untuk mendeskripsikan motivasi membaca siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Rancaekek. Serta untuk menganalisis hubungan gaya mengajar guru terhadap motivasi membaca siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Rancaekek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Skala pengukuran yang dipakai adalah skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan analisis koefesien korelasi. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha: adanya hubungan signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi membaca siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Rancaekek Kab. Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar guru MI Muhammadiyah rancaekek terdapat 21 atau 60% siswa MI Muhammadiyah Rancaekek merasakan gaya mengajar guru sudah sangat baik. Terdapat 13 atau 37,1% siswa MI Muhammadiyah Rancaekek merasakan gaya mengajar guru hanya baik saja. Terdapat 1 atau 2,9% siswa MI Muhammadiyah Rancaekek merasakan gaya mengajar guru hanya sebatas cukup baik. Motivasi membaca siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Rancaekek terdapat 13 atau 37,1% siswa MI Muhammadi-yah Rancaekek untuk motivasi membaca siswanya sudah sangat baik. Terdapat 19 atau 54,3% siswa MI Muhammadiyah Rancaekek untuk motivasi membaca siswanya baik saja. Terdapat 3 atau 8,6% siswa MI Muhammadiyah Rancaekek untuk motivasi membaca siswanya hanya sebatas cukup baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa Adanya hubungan signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi membaca siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Rancaekek Kab. Bandung (Ha diterima) dengan nilai koefesien korelasi 0,799. Hubungan ini masuk dalam kategori erat, sedangkan jenis hubungannya adalah hubungan yang berbanding lurus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah; Karakter Disiplin Siswa; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizki Kurnia
Date Deposited: 21 May 2025 04:01
Last Modified: 21 May 2025 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107901

Actions (login required)

View Item View Item