Perbedaan kemampuan menyimak siswa kelas V SD yang menggunakan model pembelajaran multiliterasi dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif

Napisyah, Anita (2025) Perbedaan kemampuan menyimak siswa kelas V SD yang menggunakan model pembelajaran multiliterasi dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ANITA NAPISYAH (1).pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II TINJAUAN PUSTKA.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (56).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 15 dari 20 siswa memiliki kemampuan menyimak yang rendah. Rendahnya kemampuan menyimak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penerapan model yang kurang efektif dan media pembelajaran yang kurang menarik siswa. Maka dari itu, peneliti menggunakan model pembelajaran berbantua media digital audiobook di kelas VB dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas VA Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi di kelas eksperimen, kemampuan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation di kelas kontrol, serta perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan menyimak siswa. Model pembelajaran multiliterasi menuntut siswa untuk berpikir kritis, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang, dan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkan perlakuan di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 53,1, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 61,9. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,33 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,12 berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mdel Pembelajaran Multiliterasi; Model Pembelajaran Kooperatif; Kemampuan Menyimak
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anita Napisyah
Date Deposited: 23 May 2025 03:12
Last Modified: 23 May 2025 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108293

Actions (login required)

View Item View Item