Saman, Siti Juliyah (2025) Implementasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER & LEMBAR JUDUL SKRIPSI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
!ABSTRAK_1212090173.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-SITI JULIYAH SAMAN Rev.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
!DAFTAR ISI_1212090173.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1212090173!.pdf Download (241kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II_12120909173!.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III_1212090173!.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV_1212090173!.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V_12120909173!.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_1212090173!!.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN SKRIPSI_1212090173!.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Siti Juliyah Saman (1212090173), Implementasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Fikih kelas V di MIS Nurul Yakin Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung yang masih didominasi metode pembelajaran konvensional. Hal ini menyebabkan siswa kurang fokus dan cenderung sibuk dengan aktivitas pribadi selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), mengidentifikasi hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dan mengukur perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa antara kelas yang menggunakan model SFAE dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen the non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas V MIS Nurul Yakin Cinunuk dengan sampel terdiri dari kelas eksperimen yang menerapkan model SFAE dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran SFAE mengalami peningkatan bertahap dengan rata-rata persentase mencapai 77,37% (kategori "Baik"), Hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen meningkat dari rata-rata pretest 73,81 menjadi 88,10 pada posttest, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 68,33 menjadi 80,48 Terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ditunjukkan oleh nilai N-Gain dengan p=0,037. Kelas eksperimen mencapai efektivitas pembelajaran sebesar 57,90% yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 35,83%, juga dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SFAE terbukti efektif dalam meningkatkan pencapaian kognitif siswa pada pembelajaran Fikih di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE);, Hasil Belajar Kognitif;, Pembelajaran Fikih |
Subjects: | Elementary Education > Other Studies for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Juliyah Saman |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 00:59 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 00:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |