Ramdani, Nurjaman Wahyu (2025) Bimbingan Adaftabilitas Karir Pendekatan Islamic Directive Counseling untuk mencapaia tugas Perkembangan Remaja Studi Kasus di SMAN 1 Pacet Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
Surat keterangan Plagiat (1).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
5. BAB II (1).pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Masa remaja merupakan fase transisi yang krusial, ditandai dengan perkembangan aspek mental, emosional, sosial, dan fisik. Pada fase ini, remaja dihadapkan pada tuntutan untuk mengambil keputusan penting terkait masa depan karir mereka. Di SMAN 1 Pacet Cianjur, ditemukan fenomena kebingungan siswa kelas XI dalam menentukan arah karir, baik untuk bekerja, melanjutkan pendidikan, maupun berwirausaha. Kondisi ini menunjukkan pentingnya bimbingan karir yang adaptif dan berbasis nilai, salah satunya melalui pendekatan Islamic Directive Counseling .Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kondisi perkembangan karir remaja di SMAN 1 Pacet, (2) mendeskripsikan proses bimbingan karir dengan pendekatan Islamic Directive Counseling dalam mencapai tugas perkembangan karir, dan (3) mengungkap hasil bimbingan adaptabilitas karir menggunakan pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan meliputi teori utama Directive Counseling dari Edmond G. Williamson (trait and factor), serta Bimbingan Konseling Islam sebagai teori terapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa mengalami kebingungan dalam perencanaan karir karena minimnya pemahaman diri dan informasi karir, (2) proses bimbingan dengan pendekatan Islamic Directive Counseling memberikan arahan berbasis nilai-nilai keislaman melalui peran aktif guru BK dalam memfasilitasi siswa memahami potensi dan tujuan hidupnya, serta (3) layanan ini terbukti meningkatkan adaptabilitas karir siswa dalam menghadapi perubahan serta pengambilan keputusan yang lebih terarah dan bermakna secara spiritual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir; Islamic Directive Counseling; Adaptabilitas Karir Tugas Perkembangan Karir; Remaja; Konseling Islam; SMAN 1 Pacet; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Education and Research of History |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Nurjaman Wahyu Ramdani |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:38 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |