Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas 5 SD tulus kartika

Fauziah, Yulita Anggitya (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas 5 SD tulus kartika. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (553kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (625kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang bersifat teacher-centered. Pendekatan ini menjadikan pembelajaran kurang interaktif dan tidak cukup mendorong partisipasi aktif siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT), yang merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh Slavin (1995) dalam kerangka pembelajaran kooperatif. Model ini menggabungkan kerja kelompok dan elemen permainan (game) serta turnamen (tournament), yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model TGT dalam pembelajaran PAI; (2) menganalisis pengaruh model TGT terhadap motivasi belajar siswa; dan (3) menganalisis pengaruh model TGT terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Secara teoretis, model TGT diyakini dapat meningkatkan motivasi belajar melalui elemen kompetisi yang sehat dan kolaborasi kelompok, sesuai dengan teori motivasi belajar dari McClelland yang menekankan pentingnya dorongan untuk berprestasi (need for achievement) dalam meningkatkan performa siswa. Selain itu, model ini juga mendukung pencapaian hasil belajar kognitif karena siswa didorong untuk saling membantu memahami materi secara mendalam sebelum mengikuti turnamen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket skala Likert untuk mengukur motivasi belajar, dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui Mann-Whitney Test dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model TGT menciptakan suasana belajar yang aktif, kompetitif, dan menyenangkan; (2) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan rata-rata skor 3,96 (kategori tinggi) pada kelas eksperimen dibandingkan 3,25 (kategori sedang) pada kelas kontrol, dengan selisih 0,71 poin; dan (3) terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar kognitif, di mana kelas TGT memperoleh rata-rata skor 81,43 (kategori sangat baik), sedangkan kelas kontrol memperoleh 69,20 (kategori cukup), dengan selisih 12,23 poin. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di jenjang sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Team Game Tournament (TGT); Motivasi Belajar; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Private Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulita Anggitya Fauziah
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:14
Last Modified: 20 Jun 2025 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109404

Actions (login required)

View Item View Item