Penggunaan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dengan media Card Sort untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas XI manajemen perkantoran dan layanan bisnis SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung

Solihah, Nina (2025) Penggunaan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dengan media Card Sort untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas XI manajemen perkantoran dan layanan bisnis SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (445kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, ditunjukkan dengan minimnya partisipasi dalam diskusi, rendahnya antusiasme saat menjawab pertanyaan, serta kurangnya inisiatif dalam memahami materi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunaan model cooperative learning tipe think pair share dengan media card sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. (2) Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe think pair share dengan media card sort terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru. Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) yang dipadukan dengan media Card Sort diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah; “terdapat pengaruh setelah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share dengan media card sort pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung”. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan studi dokumentasi, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi angket aktivitas belajar siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data mencakup uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penggunaan model pembelajaran TPS dengan Card Sort berhasil diterapkan secara optimal dan sangat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Seluruh tahapan pembelajaran Think, Pair, dan Share berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran, dengan skor keterlaksanaan pembelajaran 90 %. 2) Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan media Card Sort terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa Aktivitas belajar siswa sebelum perlakuan dengan nilai rata-rata sebesar 37,66. Setelah perlakuan nilai rata-rata sebesar 67,57. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,708 termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan media Card Sort efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Think Pair Share; Card Sort; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nina Solihah
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:05
Last Modified: 25 Jun 2025 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109867

Actions (login required)

View Item View Item