Efektivitas Strategi Fun Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila

Shabrina, Alifah Zidda (2025) Efektivitas Strategi Fun Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI ALIFAH.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR BEBAS PLAGIASI)
LEMBAR BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB V)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan beberapa siswa dalam mengaitkan informasi yang diperoleh dengan kejadian dalam kehidupan sehari-hari serta kurangnya kemampuan dalam menganalisis informasi secara mendalam. Hal ini diduga terjadi karena siswa jarang dilatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis, serta cenderung menghafal fakta tanpa memahami konsep secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Fun Learning dan Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel terdiri dari siswa kelas IV A sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat, data tidak berdistribusi normal sehingga analisis dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,754 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kemampuan berpikir analitis siswa di kedua kelas. Walau nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,30 dengan kategori sedang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,22 dengan kategori rendah, namun strategi Fun Learning dan strategi Think Pair Share sama-sama efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa meskipun tingkat efektiftas berdasarkan nilai effect size cohen’s d bernilai 0,096 yang tergolong kategori efek lemah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir analitis; Fun Learning; Strategi Pembelajaran; Think Pair Share
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifah Zidda Shabrina
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:21
Last Modified: 30 Jun 2025 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110101

Actions (login required)

View Item View Item