Shabrina, Alifah Zidda (2025) Efektivitas Strategi Fun Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI ALIFAH.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR BEBAS PLAGIASI)
LEMBAR BEBAS PLAGIASI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II (2).pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan beberapa siswa dalam mengaitkan informasi yang diperoleh dengan kejadian dalam kehidupan sehari-hari serta kurangnya kemampuan dalam menganalisis informasi secara mendalam. Hal ini diduga terjadi karena siswa jarang dilatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis, serta cenderung menghafal fakta tanpa memahami konsep secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Fun Learning dan Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel terdiri dari siswa kelas IV A sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat, data tidak berdistribusi normal sehingga analisis dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,754 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kemampuan berpikir analitis siswa di kedua kelas. Walau nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,30 dengan kategori sedang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,22 dengan kategori rendah, namun strategi Fun Learning dan strategi Think Pair Share sama-sama efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa meskipun tingkat efektiftas berdasarkan nilai effect size cohen’s d bernilai 0,096 yang tergolong kategori efek lemah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir analitis; Fun Learning; Strategi Pembelajaran; Think Pair Share |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alifah Zidda Shabrina |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |