استخدام فيديو رسوم متحركة لترقية مهارة الاستماع والكلام لدى التلاميذ (دراسة تجريبة على تلاميذ الفصل السابع في مدرسة مدينة دار البركة المتوسطة الإسلامية بورواكارتا)

Hasyim, Ainun (2025) استخدام فيديو رسوم متحركة لترقية مهارة الاستماع والكلام لدى التلاميذ (دراسة تجريبة على تلاميذ الفصل السابع في مدرسة مدينة دار البركة المتوسطة الإسلامية بورواكارتا). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
SK BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan bahasa Arab di Indonesia memiliki posisi yang penting dalam konteks agama، budaya، dan pendidikan. Pada tingkat menengah، pendidikan bahasa Arab bertujuan untuk memberikan dasar-dasar keterampilan berbahasa kepada siswa، termasuk keterampilan menyimak dan berbicara، seperti halnya dalam mempelajari Al-Quran. Namun، dalam praktiknya، banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar، yang berujung pada menurunnya keinginan dan aktivitas mereka di sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut، guru perlu kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi pembelajaran، termasuk penggunaan video animasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan menyimak siswa sebelum penggunaan video animasi di kelas tujuh di Sekolah Menengah Darul Barakah، untuk menganalisis keterampilan menyimak siswa setelah penggunaan video animasi di kelas tujuh di Sekolah Menengah Darul Barakah، untuk menganalisis keterampilan berbicara siswa sebelum penggunaan video animasi di kelas tujuh di Sekolah Menengah Darul Barakah، untuk menganalisis keterampilan berbicara siswa setelah penggunaan video animasi di kelas tujuh di Sekolah Menengah Darul Barakah، untuk menganalisis pengaruh penggunaan video animasi terhadap dua keterampilan menyimak، untuk menganalisis pengaruh penggunaan video animasi terhadap dua keterampilan menyimak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa sebelum menggunakan media video animasi dalam pengajaran bahasa Arab menunjukkan nilai “cukup” dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 66،38. Keterampilan menyimak siswa setelah menggunakan video animasi dalam pengajaran bahasa Arab menunjukkan skor “sangat baik” dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85،11. Keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan video animasi dalam pengajaran bahasa Arab menunjukkan skor “cukup” dengan nilai rata-rata 65،73. Keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan video animasi dalam pengajaran bahasa Arab menunjukkan nilai “sangat baik” dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85،33. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa lebih efektif daripada siswa yang tidak menggunakan video animasi. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media video animasi dalam pengajaran bahasa Arab. Penggunaan media video animasi lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa daripada media biasa karena nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 59،9634 dan di kelas kontrol adalah 55،1406. Sedangkan penggunaan media biasa lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media video animasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara karena nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 47،8298 dan di kelas kontrol adalah 51،8613.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Video animasi; Menyimak; Berbicara
Subjects: Arabic
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainun Hasyim
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:52
Last Modified: 07 Jul 2025 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111479

Actions (login required)

View Item View Item