Bilhaq, Muhamad Fathir (2025) Strategi penyiaran program Sore Ceria RRI PRO 2 Bandung dalam menarik minat pendengar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (733kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di tengah perkembangan teknologi yang semakin melesat, informasi menjadi konsumsi pokok bagi masyarakat sekarang ini. Masyarakat tengah bergantung pada informasi yang cepat, akurat dan dapat diandalkan. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi terbaru dengan cepat dan dari lokasi manapun berkat media massa. Salah satu indikasi pertumbuhan media di Indonesia adalah munculnya konten yang menarik dan segar. Salah satu bentuk media massa yang masih relevan hingga saat ini adalah radio. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana manajemen strategi penyiaran radio yang digunakan RRI PRO 2 Bandung dalam Program Sore Ceria. Tujuan lebih rincinya ialah untuk mengetahui strategi perencanaan, strategi pelaksanaan, strategi evaluasi pada program Sore Ceria di RRI PRO 2 Bandung. Penelitian ini menggunakan konsep manajemen strategi Fred R. David (2011) dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan narasumber yang berkaitan dengan program Sore Ceria di RRI PRO 2 Bandung untuk menguraikan proses penelitian pada radio siaran tersebut dalam strategi penyiaran pada program Sore Ceria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang bertujuan untuk memahami secara mendalam strategi penyiaran program sore ceria di RRI PRO 2 Bandung dalam menarik minat pendengar. Studi kasus melibatkan pengumpulan data yang ekstensif dari waktu ke waktu untuk menyelidiki sebuah "sistem terbatas" atau beberapa kasus. Pengumpulan data yang terperinci dan mendalam dengan berbagai sumber informasi memberikan konteks yang kaya sepanjang waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, strategi perencanaan yang dilakukan oleh RRI PRO 2 Bandung pada program Sore Ceria dibagi menjadi 2 bagian yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjang berisi visi dan misi, peluang, ancaman, kelamahan, kekuatan dan penyiar. Untuk jangka pendeknya berisi strategi cadangan. Strategi pelaksanaan nya berisi tujuan tahunan, menerapkan kebijakan perusahaan, memanfaatkan sumber daya manusia, membuat struktur organisasi perusahaan, melakukan promosi dan mempersiapkan keuangan. Setelah strategi diimplementaiskan diperlukan evaluasi untuk meninjau hasil strategi tersebut dengan cara membandingkan hasil dari tahun ke tahun dan melakukan tindakan korektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Radio; Perencanaan; Pelaksanaan; Evaluasi |
Subjects: | Communications Telemunications Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Muhamad Fathir Bilhaq |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |