Destination Branding Wahoo Waterworld sebagai tempat wisata keluarga di Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Ayunda, Melati Permata (2025) Destination Branding Wahoo Waterworld sebagai tempat wisata keluarga di Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Destination branding merupakan sebuah konsep branding yang memiliki tujuan untuk membangun atau meningkatkan kualitas dari brand sebuah destinasi wisata, selain itu untuk membentuk identitas dan citra suatu destinasi agar memiliki daya tarik dan pembeda di mata wisatawan. Kabupaten Bandung Barat, khususnya kawasan Padalarang, memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata, salah satunya melalui kehadiran Wahoo Waterworld sebagai destinasi wisata air yang mengedepankan konsep rekreasi keluarga. Wahoo Waterworld hadir dengan berbagai wahana yang ramah anak dan layanan yang mengutamakan kenyamanan serta keamanan, yang dapat dijadikan pilihan utama bagi wisatawan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembentukan Destination Branding yang dilakukan Wahoo Waterworld Sebagai Tempat Wisata Keluarga Di Padalarang Kabupaten Bandung Barat, melalui 5 tahap destination branding yaitu: 1.) investigasi pasar, analisis, dan rekomendasi strategi, 2.) pengembangan identitas brand, 3.) memperkenalkan dan mengkomunikasikan brand ke masyarakat, 4.) implementasi brand, 5.) monitoring, evaluasi, dan review brand. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipasi pasif. Selain itu, penentuan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Adapun konsep yang digunakan yaitu konsep Destination Branding menurut Morgan & Pritchard. Hasil penelitian menunjukan bahwa Wahoo Waterworld telah melakukan lima tahapan destination branding yang diawali dengan, 1). tahapan investigasi pasar, analisis, dan rekomendasi strategi melalui dua langkah yaitu: mengidentifikasi kebutuhan pengunjung dan menganalisa peluang pasar. 2). Tahapan pengembangan identitas dilakukan dengan pembentukan nama brand, logo dan warna brand, serta tagline brand. 3). Tahapan memperkenalkan dan mengkomunikasikan brand melalui media advertising, direct marketing, dan sales promotion. 4). Tahapan implementasi brand dilakukuan dengan mengintegrasi semua pihak yang terlibat dan adanya peran dari karyawan. 5). Tahapan monitoring, evaluasi dan review brand yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga konsistensi dan efektivitas branding. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wahoo waterworld telah melakukan destination branding sebagai tempat wisata keluarga di Padalarang Kabupaten Bandung Barat yang selaras dengan lima tahapan konsep destination branding menurut Morgan & Pritchard

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Destination Branding; Wahoo Wateroworld; Wisata Keluarga
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
General Management > Management for Enterprises
General Management > Sales Promotion
Geography and Travel > Travelers
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Melati Permata Ayunda
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:36
Last Modified: 14 Jul 2025 04:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112055

Actions (login required)

View Item View Item